Dalam hal ini dikenal ada 4 strategi bersaing, yaitu;
- Strategi Prospektor, yaitu strategi yang mengutamakan keberhasilan dalam berinovasi, menciptakan produk baru dan peluang baru untuk para calon wisatawan
- Strategi Bertahan, yaitu strategi yang mengutamakan sasaran pasar yang stabil. Strategi ini cocok untuk destinasi wisata yang lini produknya sedikit dan memiliki segmen pasar yang sempit, sehingga destinasi wisata hanya fokus untuk mempertahankan pasar dari pada mengembangkannya.
- Strategi Penganalisis, yaitu strategi yang memprioritaskan pada analisis ide bisnis baru sebelum destinasi wisata memasuki bisnis tersebut.
- Reaktor Strategi, yaitu strategi yang mengutamakan reaksi pada perubahan lingkungan. Reaksi baru dilakukan apabila terjadi tekanan dari lingkungannya yang memaksa untuk berubah.
“Jadi destinasi wisata yang mampu mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengunjung di tengah-tengah pesaingnya adalah destinasi wisata yang sukses dalam menetapkan strategi pemasaran dan strategi bersaingnya,” tutupnya.
HAK CIPTA © SUKABUMINEWS 2024