5 Parpol Deklarasikan Koalisi Hadapi Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Masing-masing Ketu Palpol salat membacakan saat membacakan naskah deklarasi, seperti yang dilakukan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi, Iman Adinugraha. | Foto: sukabumiNews/Red*

sukabumiNews.id, KAB SUKABUMI – Lima (5) partai politik (parpol) melakukan deklarasi koalisi menjalin kerja sama dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024.

Lima parpol tersebut yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dengan jumlah total sebanyak 28 kursi DPRD.

Adapun masing-masing kursi palrpol yang diperoleh 5 parpol di atas hasil perolehan pada pemilu 2024 adalah PKB dan PKS 7 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, PAN 3 kursi, dan PDIP 6 kursi.

Jumlah tersebut cukup untuk mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi di Pilkda 2024.

Deklarasi dilakukan berlangsung di salah satu Cafe di Jalan Cemerlang, Warudoyong Kita Sukabumi, Sabtu (4/5/2024) dengan dihadiri para pimpinan dari masing-masing parpol, yaitu Hasim Adnan, M. Sodikin, Iman Adinugraha, Nasrudin dan Dodi Suhendar.

Kelimanya bersama-sama melakukan pembacaan serta penandatanganan naskah deklarasi.

Read More

Ketua DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Hasim Adnan mengatakan, deklarasi koalisi ini berangkat dari pemahaman dan keprihatinan yang sama.

“Kelima partai politik yang tergabung dalam koalisi sama-sama memiliki semangat untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Kabupaten Sukabumi. Kalau mau maju tidak bisa didominasi oleh segelintir pihak atau golongan atau partai,” kata Hasim Adnan.

Kendati begitu, lanjut Hasim, pihaknya belum memastikan siapa nama bakal calon (bacalon) yang akan diusung dalam pilkada serentak Kabupaten Sukabumi 2024 ini.

“Kalau nama saya belum berani kasih bocoran karena nanti dari masing-masing partai akan mengajukan nama nama kandidatnya. Nama nama tersebut kita akan sodorkan ke tim yang dibentuk dari 5 Parpol Koalisi untuk disepakati dengan mekanisme penilaian hasil survei di lapangan,” jelas Hasim.

Hasim menuturkan, nama-nama bacalon bupati dan wakil bupati yang akan diusung tersebut tidak cukup dinilai dari elektabilitas dan kapabilitas saja, tetapi isi tas pun harus dinilai siap.

Sementara, Ketua DPD Partai Demokrat, Iman Adinugraha, mengaku optimis jika koalisi ini bisa berjalan mulus hingga ke tahap pendaftaran peserta Pilkada 2024.

“Seluruh partai dalam koalisi ini sudah berkomitmen mengedepankan musyarawah dalam setiap langkah politik selanjutnya. Dan saya berkeyakinan lima partai ini bisa sampai ke pendaftaran,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi, M Sodikin. Ia menegaskan koalisi ini dibangun atas dasar kesadaran bersama terhadap kondisi Kabupaten Sukabumi saat ini.

“Wilayah yang sangat luas ini tidak mungkin dikelola satu dua orang saja. Koalisi ini merupakan salah satu ikhtiar, salah satu itikad baik bagaimana membangun Kabupaten Sukabumi agar menjadi lebih baik lagi,” tukas Sodikin.

Pantauan sukabumiNews di lokasi kegiatan, deklarasi ini dihadiri juga oleh para pengurus, kader, hingga relawan dari masing-masing parpol.

Sebelumnya, Partai Golkar, Gerindra dan PPP juga telah mendeklarasikan koalisi pada Jum’at (26/04/2024). Ketiga parpol ini mengusung Asep Japar untuk maju sebagai Calon Bupati Sukabumi periode 2024-2030.



https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMN3MrAww6sy4BA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *