Pemdes Pasirhalang Lakukan Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan kepada Masyarakat

Plt Camat Sukaraja Arid Muhamad Ridwan saat memberikan Penyuluhan Bidang Kesehatan mengenai Pencegahan penyakit TBC di Aula Desa Pasirhalang, Rabu (4/9/2024). | Foto: Prim RK/ sukabumiNews

Pemdes Pasirhalang gandeng Kecamatan dan Puskesmas Sukaraja melakukan Penyuluhan dan Pelatihan bidang Kesehatan, khususnya pencegahan penyakit TBC

sukabumiNews, SUKARAJA – Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi menggandeng pihak kecamatan dan Puskesmas melakukan Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan kepada masyarakat.

Penyuluhan kesehatan mengenai Pencegahan TBC ini berlangsung di Aula Desa Pasirhalang, Rabu (4/9/2024), dengan diikuti seluruh unsur dan kader desa, mulai dari PKK, BPD, RT/RW, LKD, tokoh Pemuda dan tokoh Masyarakat ini berlangsung di Aula Desa Pasirhalang.

Hadir selaku narasumber pada pelatihan tersebut Plt. Camat Sukaraja Arid Muhamad Ridwan, UPTD Puskesmas Sukaraja Hera Mulhimah dan Bidan Desa Reni Nur rahmawati, beserta Kades Pasirhalang RM Yusup Poernama.

Kades Pasirhalang, Yusup Poernama mengatakan, kegiatan yang didanai oleh Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan pengobatan Tuberculosis atau TBC.

“Dalam kegiatan ini masyarakat diberikan pemahaman mengenai pencegahan TBC, seperti menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin,” kata Yusup kepada sukabumiNews, Rabu (4/9).

Read More
BACA Juga: Pemdes Pasirhalang Terus Sosialisasikan STBM kepada Masyarakat

Dijelaskan Yusup bahwa TBC adalah penyakit yang ditularkan melalui bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang umumnya menyerang dan menginfeksi organ paru-paru.

“Dengan adanya pelatihan ini, mudah-mudahan masyarakat Desa Pasirhalang bisa lebih memahami cara hidup sehat dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” harap Kades.

Sementara itu Plt Camat Sukaraja Arid Muhamad ridwan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemdes Pasirhalang dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat guna meminimalisir wabah TBC di wilayahnya masing masing.

Arid berharap dengan kegiatan Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan Pencegahan TBC ini para kader Desa Pasirhalang dapat menyosialisasikan kembali kepada masyarakat di lingkungan masing masing.

“Kegiatan penyuluhan ini sangat penting agar masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan sehingga terhindar dari penyakit menular seperti TBC,” pungkasnya.

BACA Juga: Pemdes Pasirhalang Berikan Penyuluhan dalam Upaya Wujudkan Zero Stunting

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sukabumiNews.id. Mari bergabung di Grup Telegram “sukabumiNews Update”, caranya klik link https://t.me/sukabuminews, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2024



https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMN3MrAww6sy4BA?

Related posts

Leave a Reply