Ponpes Darul Ihsan Cetak Santri Unggul, Hapal Al-Quran, dan Berakhlak Mulia

Kendati fasilitas, sarana dan prasarana ponpes masih dalam kondisi serba kekurangan, namun para Santri baru Ponpes Darul Ihsan tampak sangat antusias mengikuti kegiatan MATSAMA ini. | Ist
Gelar kegiatan MATSAMA, Ponpes Darul Ihsan komitmen menetak santri unggul yang hapal Al-Quran dan berakhlak mulia

 

sukabumiNews.id, CIBADAK – Pondok pesantren (Ponpes) Darul Ihsan Ciheulangtonggoh, Cibadak, Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun ajaran 2024/2025.

Dalam kegiatan ini para santri dikenalkan tentang keberadaan lingkungan dan berbagai fasilitas, tempat belajar, tempat ibadah, asrama, dan area lain yang berada di lingkungan ponpes tersebut.

Kepada santri baru juga diberikan penjelasan tentang kurikulum yang akan mereka pelajari, baik yang berbasis agama maupun umum. Kegiatan ini juga menjadi momen perkenalan sesama santri dan pengajar.

Pimpinan Ponpes Darul Ihsan Budi Setiabudi pada kesempatan ini mengingatkan kembali kepada seluruh santri tentang tujuan dan visi pesantren, juga harapan terhadap para santri Ponpes yang dipimpinnya.

“Visi kita adalah menjadikan Ponpes Darul Ihsan sebagai pesantren yang unggul dalam melahirkan santri penghapal Al-Qur’an dan berakhlak mulia, berpengetahuan luas, berjiwa sosial tinggi dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa,” ujar Budi Setiabudi, S.Pd., kepada sukabumiNews, melalui keterangannya, Sabtu (20/7/2024).

Read More

Menurut Budi, visi ini menjadi kerjasama semua warga pesantren, pimpinan para asatidz dan seluruh santri harus berperan aktif dalam mewujudkannya.

Budi menyampaikan bahwa pada tahun ajaran baru ini Ponpes Darul Ihsan mencanangkan tiga program unggulan, yaitu Bahasa Arab dan Inggris, sebagai mahkota pesantren yang harus digunak dalam komunikasi keseharian.

“Yang ketiga yaitu keterampilan Tata Boga. Bagi santriwati diharapkan dapat memberikan bekal life skill agar menjadi Hafidzoh Sholihah yang memiliki peran dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat,” terang Budi.

Keterampilan Pertanian atau Integrated Farming bagi santri putra juga, tambah Budi, diharapkan menjadi embrio tumbuhnya santri-santri enterpreneur yang memiliki kemampuan analisis dalam mengembangkan agribisnis.

“Untuk ketiga program tersebut pesantren menghadirkan para tenaga khusus yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidangnya masing-masing,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sukabumiNews.id. Mari bergabung di Grup Telegram “sukabumiNews Update”, caranya klik link https://t.me/sukabuminews, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2024



https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMN3MrAww6sy4BA?

Related posts