Pj Wali Kota Hadiri Rapurna DPRD Angenda Pembahasan Nota Kesepakatan KUA PPAS 2025

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dalam pendapat akhirnya menekankan pentingnya strategi pengarusutamaan gender sebagai bagian integral dari pembangunan daerah. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

sukabumiNews, KOTA SUKABUMI – Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, menghadiri Rapat Paripurna DPRD agenda pembahasan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2025.

Selain itu, Rapurna yang digelar di Aula Rapat Gedung DPRD Kota Sukabumi tersebut membahas mengenai penetapan Raperda Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah, Kamis (8/8/2024).

Turut hadir mendampingi Pj Wali Kota saat itu, Plh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, M Hasan Asari, beserta unsur Forkompimda, dan SKPD Kota Sukabumi.

Ketua Pansus, Muchendra, mengatakan, langkah-langkah strategis perlu diambil untuk memastikan bahwa pelaksanaan pembangunan di Kota Sukabumi lebih responsif terhadap isu gender.

“Salah satu poin penting dalam rapat ini adalah rekomendasi dari Panitia Khusus (Pansus) mengenai percepatan penetapan Raperda Pengarusutamaan Gender menjadi Peraturan Daerah definitif,” ujarnya.

Menurut Muchendra, dibutuhkan instrumen pendukung seperti data terpilah gender di semua sektor pembangunan. Ia juga menyoroti beberapa langkah penting yang harus segera diimplementasikan.

Read More

“Di antaranya adalah Pembuatan Instrumen Pendukung, Meningkatkan Kesadaran Masyarakat, serta Peran Pemerintah Daerah,” jelasnya.

“Analisis gender yang komprehensif akan membantu dalam menyusun kebijakan, program, dan kegiatan yang lebih responsif gender, serta memungkinkan pengukuran dampak pembangunan terhadap perempuan dan laki-laki dalam hal akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat,” terangnya.

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dalam pendapat akhirnya menekankan pentingnya strategi pengarusutamaan gender sebagai bagian integral dari pembangunan daerah.

Ia menyoroti bahwa pembangunan harus dilakukan dengan prinsip kesetaraan dan keadilan bagi semua, termasuk perempuan, anak-anak, lansia, dan penyandang disabilitas.

Kusmana berharap bahwa dengan implementasi strategi pengarusutamaan gender yang tepat, pembangunan di Kota Sukabumi dapat menjadi lebih inklusif dan adil, serta memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sukabumiNews.id. Mari bergabung di Grup Telegram “sukabumiNews Update”, caranya klik link https://t.me/sukabuminews, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2024



https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMN3MrAww6sy4BA?

Related posts