Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024, Pj Wali Kota Sukabumi Tegaskan ASN Jaga Netralitas

Pj Wali Kota SUkabumi, Kusmana saat diwawancarai awak media usai menghadiri Kegiatan Louncing Maskot Pemilihan Wali kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi 2024 oleh KPU Kota Sukabumi di Gedung Juang 45 pada Jum’at (7/6/2024) malam. | Foto: sukabumiNews/Prim RK

sukabumiNews.id, KOAT SUKABUMI – Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak 2024, Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menegaskan supaya aparatur sipil negara (ASN) tetap menjaga netralitas.

Menurut Kusmana, hal tersebut ia tegaskan supaya ASN tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, demi menjunjung tinggi netralitas.

“Saya meminta ASN tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis seperti memberi dukungan untuk calon peserta pemilu ataupun kampanye untuk maju sebagai bakal calon wali kota atau calon wakil wali kota,” ujar Kusmana kepada sukabumiNews, usai menghadiri Kegiatan Louncing Maskot Pemilihan Wali kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi 2024 oleh KPU Kota Sukabumi di Gedung Juang 45 pada Jum’at (7/6/2024) malam.

Guna mengantisifasi agar ASN tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis itu, Kusmana menagaku, pihaknya telah menyiapkan tim yang bertugas khusus mengawasi ASN yang diduga terlibat dalam politik praktis di Pilkada Kota Sukabumi 2024.

“Jadi saya sudah punya tim untuk memeriksa. Jadi walaupun dia punya hak suara, tapi saya nyatakan bahwa PNS itu harus netral. Jika nanti ditemukan ada PNS yang terlibat politik praktis, akan saya kenakan sanksi disiplin pegawai,” tegas Kusmana.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Sukabumi telah memberi ultimatum mengenai netralitas ASN dalam Pilkada 2024. Ia menyebut, akan memberikan sanksi tegas kepada yang terbukti melanggar aturan netralitas ASN.

Read More

“Itu memang aturannya harus berhenti dengan hormat kalau mengundurkan diri. Kalau tidak mengundurkan diri berarti diberhentikan dengan tidak hormat dan tidak akan mendapatkan pensiun,” tutur Kusmana.

Untuk itu, Pj Wali Kota Sukabumi mengajak kepada para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi untuk menjungjung tinggi dan menjaga netralitas ASN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sukabumiNews.id. Mari bergabung di Grup Telegram “sukabumiNews Update”, caranya klik link https://t.me/sukabuminews, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2024



https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMN3MrAww6sy4BA?

Related posts