Pemdes Pasirhalang Gelar Bazar UMKM Dihadiri Kasi PMD Kecamatan Sukaraja

Pemdes Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi menggelat bazar UMKM di halaman Desa Pasirhalang, Senin (1/4/2024). | Foto: sukabumiNews/Prim RK

sukabumiNews.id, SUKARAJA – Menjelang Hari Raya Idul-Fitri 1445 H, Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi menggelar Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Desa (Kades) Pasirhalang RM Yusup Poernama di halaman Desa Pasirhalang, Senin (1/4/2024), dengan dihadiri Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kasi PMD) Kecamatan Sukaraja, Nina Nuryani.

Kades Pasirhalang RM Yusup Poernama mengatakan, Bazar yang digelar menjelang Hari Raya Idul-Fitri ini merupakan kegiatan kelima yang diinisiasi oleh Forum UMKM Kecamatan Sukaraja.

“Tujuannya untuk mendongkrak perekonomian dan UMKM warga local,” ucap RM Yusup kepada sukabumiNews di lokasi kegiatan, Senin (1/4).

Menurut Yusup, kegiatan ini sangat penting untuk memfasilitasi para pelaku UMKM di wilayah Desa Pasirhalang, sehingga dapat menjual hasil pruduk UMKM-nya sendiri.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan daya beli masyarakat terhadap UMKM, khususnya di wilayah desa Pasirhalang agar bangkit dan terus berkarya,” katanya.

Read More

Yusup berharap dengan terselenggaranya Bazar Ramadan 1445 Hijriah, omzet para pelaku UMKM dan UKM di wilayah desa Pasirhalang dapat meningkat pesat.

Kades Pasirhalang RM Yusup Poernama (kiri) bersama Kasi PMD Kecamatan Sukaraja, Nina Nuryani memperlihatkan produk batik hasil peninggalan almarhum Ketua PKK Pasirhalang. | Foto: sukabumiNews/Prim RK

Dalam kegiatan Bazar ini, dipasarkan berbagai produk seperti sembako dan kue hasil Para Pelaku UMKM.

Dipasarkan juga hasil produk pengrajin Desa Pasirhalang yang menjadi Ikonnya yaitu batik khas desa Pasirhalang, dan kerudung.

Kasi PMD Kecamatan Sukaraja, Nina Nuryani mengatakan bahwa bazar yang dilaksanakan di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Sukaraja ini merupakan tindaklanjut dari intruksi Bupati Sukabumi, yang mengimbau kepada seluruh kecamatan supaya melaksanakan Bazar di wilayahnya masing-masing.

“Alhamdulillah untuk wilayah Kecamatan Sukaraja sudah terdepan dalam melaksanakan bazar di sembilan desa, sebelum ada intruksi dari bupati,” ungkap Nina.

Adapun Produk yang disuguhkan merupakan hasil karya lokal dari para pelaku UMKM di setiap desa di bawah binaan kasi PMD yang tergabung dalam Paguyuban UMKM Sukaraja.

Nina berharap kepada para pelaku UMKM yang belum memiliki persyaratan Legalitas seperti NIB untuk segera menyelesaikan persyaratan legalitas. “Kita akan bantu memfasilitasi persyaratan tersebut dalam kegiatan bazar ini,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sukabumiNews.id. Mari bergabung di Grup Telegram “sukabumiNews Update”, caranya klik link https://t.me/sukabuminews, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2024



https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMN3MrAww6sy4BA?

Related posts