Jalan Nyangkokot – Purbawati Resmi Diganti Menjadi Jalan KH Zezen ZA

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami (tengah) disaksikan Ketua DPRD, Yudha Sukmagara (pertama dari kanan), Sekda Ade Suryaman (kedua dari kiri), Forkopimda dan Pimpinan Ponpes Azzaniyyah KH. Aang Abdullah Zein sekaligus Putera dari KH Zezen Z.A. | Foto: sukabumiNews/Prim RK

Bupati Sukabumi Disaksikan Ketua DPRD Meresmikan Pergantian Jalan Nyangkokot – Purbawati Menjadi Jalan KH Zezen ZA

sukabumiNews.id, KAB SUKABUMI – Jalan Nyangkokot – Perbawati Kecamatan Sukabumi, Jawa Barat, resmi berganti nama menjadi Jalan KH Zezen ZA.

Peresmian nama jalan ditandai dengan pengguntingan pita dan pemasangan rambu nama jalan oleh Bupati Sukabumi Marwan Hanami, didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara pada Rabu (17/4/2024).

Turut menyaksikan peresmian jalan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, Forkopimda dan Pimpinan Ponpes Azzaniyyah KH Aang Abdullah Zein sekaligus Putera dari KH Zezen ZA.

Penggantian nama jalan sepanjang 3,8 KM ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Sukabumi nomor 600.1.8 /KEP.329-TAPEM/2024.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut, pemberian nama jalan ini merupakan bentuk penghargaan masyarakat dan Pemkab Sukabumi kepada KH Zezen ZA seorang tokoh ulama pendiri Ponpes Azzainiyyah.

Disebutkan bahwa pendiri Ponpes Azzainiyyah itu telah berkontribusi melalui segudang prestasi terhadap masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya telah menciptakan lagu Mars dan Hymne Kabupaten Sukabumi.

Read More

“Masyarakat Kabupaten Sukabumi harus bangga memiliki KH Zezen ZA dengan kiprah almarhum yang sangat luar biasa bagi Kabupaten Sukabumi,” ujar Marwan keda awak media di lokasi persemian, Rabu (17/4).

“Saya secara pribadi merasa senang dan bersyukur bisa meresmikan penggantian nama jalan di hari ini. Bagaimana perjuangan beliau semasa hidup demi kabupaten Sukabumi diantaranya dari sekian banyak penghargaan yang telah diberikan yaitu perintis penegakan syariat islam (PSI), Pramuka Iqomah lalu saya menyakini atas dua lagu penuh makna dan doa ciptaan KH Zezen ZA yaitu Hymne dan Mars Sukabumi,” beber Marwan.

Berkat kesepakatan bersama, melalui perjalanan panjang, sambung Marwan, akhirnya ditetapkan bahwa jalan Nyangkokot – Perbawati ini diganti dengan nama Jalan KH Zezen ZA.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara juga menyampaikan hal yang sama. Bahkan kata Yudaha, penetapan nama tersebut sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

“Selain inisiatif dari pemerintah dan masyarakat, juga pihak keluarga, almarhum KH Zezen ZA juga sudah pernah mendapatkan penghargaan dari presiden. Hal ini lah sebagai awal dasar pertimbangan atas jasa pengembangan dakwah dan penghargaan Pemkab Sukabumi kepada almarhum,” terang Yudha.

Ditambahkannya bahwa Pemkab Sukabumi selama ini telah tiga kali mengganti nama jalan. Antara lain yaitu nama jalan di jalur Lingkar Selatan, Cidahu, dan di Kecamatan Sukabumi ini.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Azzaniyyah, KH Aang Abdullah Zein, yang merupakan anak KH Zezen ZA. menyatakan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang telah memberikan penghormatan sangat tiinggi bagi keluarga Ponpes Azzaniyyah dan warga masyarakat Kabupaten Sukabumi pada umumnya.

“Alhamdulillah hari ini kami Pondok Pesantren Azzainiyyah mendapat kehormatan besar dari bapak Bupati Sukabumi dengan diresmikannya ruas jalan Nyangkokot Perbawati menjadi jalan KH Zezen Zaenal Abidin,” ucap Pimpinan Ponpes Azzaniyyah ini.

Menurutnya, ini merupakan satu kemuliaan, sekaligus juga tantangan supaya mampu berbuat lebih baik dalam melanjutkan perjuangan almarhum, dan juga demi kemajuan Kabupaten sukabumi yang lebih religious.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sukabumiNews.id. Mari bergabung di Grup Telegram “sukabumiNews Update”, caranya klik link https://t.me/sukabuminews, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMN3MrAww6sy4BA?

Related posts