Peringati HUT RI, FBN Jabar dan Prawita GENPPARI Bersinergi Lakukan Donor Darah

Ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (Ketum DPP) Prawita GENPPARI yang juga Dewan Pakar FBN Jabar Dede Farhan Aulawi (ketiga dari kiri) beserta jajaran, foto bersama sesaat sebelum melaksanakan kegiatan donor darah. | Foto: Dok. Prawita GENPPARI

sukabumiNews, BANDUNG – Forum Bela Negara Jawa Barat (FBN Jabar) dan Pegiat Ragam Wisata Nusantara (Prawita) Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (Genppari) menggelar kegiatan donor darah di kantor PMI Kota Bandung.

Ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (Ketum DPP) Prawita GENPPARI yang juga Dewan Pakar FBN Jabar Dede Farhan Aulawi mengatakan, kegiatan sosial ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus, sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah yang atas berkah-Nya telah memberikan nikmat kemerdekaan melalui perjuangan heroik para pahlawan kusuma bangsa.

“Kegiatan donor darah ini juga sebagai bentuk nyata salah satu kontribusi guna memastikan ketersediaan darah yang cukup dan aman di bank darah, sehingga dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan,” ujar Dede Farhan Aulawi kepada sukabumiNews melalui rilis yang diterima, Senin (19/8/2024).

Menurut Dede, donor darah merupakan kegiatan pengambilan darah dari Pendonor secara sukarela yang nantinya akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan. Donor darah juga dinilainya sebagai panggilan sosial kemanusiaan dan juga menyehatkan, karena selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Manfaat Donor Darah

“Kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, dan dapat munurunkan resiko kanker. Juga ada beberapa manfaat lainnya, seperti mencegah Penyakit Jantung, menurunkan berat badan, dan dapat membantu mendeteksi suatu penyakit, karena sebelum disalurkan kepada orang lain, darah yang telah didonorkan otomatis akan diperiksa terlebih dahulu,” terang Dede kepada sukabumiNews melalui rilis yang diterima, Senin (19/8/2024).

Selain itu, tambah Dede, donor darah juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah, karena setelah dilakukan donor darah, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah yang baru untuk menggantikan darah yang telah berkurang. Darah pun akan tergantikan menjadi darah yang lebih segar dan sehat.

Read More

“Itulah beberapa manfaat jika kita bersedia untuk melakukan donor darah. Apalagi jika donor darah tersebut dilakukan secara rutin sesuai dengan ketentuan medis yang disarankan oleh dokter. Jika merujuk pada Armed Services Blood Program (ASBP), donor darah rutin bagi laki-laki bisa dilakukan setiap 2 bulan sekali, sedangkan untuk perempuan bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali,” pungkasnya.

BACA Juga: Dede Farhan Aulawi Paparkan Strategi Pengembangan Talent dan Competence Dunia Kerja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sukabumiNews.id. Mari bergabung di Grup Telegram “sukabumiNews Update”, caranya klik link https://t.me/sukabuminews, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2024



https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMN3MrAww6sy4BA?

Related posts