Mahasiswa dan Dosen Universitas Bakrie Semester Genap 2023-2024 Lakukan Kegiatan PkM

Salah satu Dosen Akuntansi pada Universitas Bakrie, Dr Jurica Lucyanda (kiri - depan) saat memberikan pelatihan dengan sistematika pemaparan materi dan diskusi. | Foto: Istimewa/sukabumiNews
Pengabdian kepada Masyarakan Mahasiswa dan Dosen Universitas Bakrie Semester Genap 2023-2024

sukabumiNews.id, JAKARTA – Mahasiswa dan Dosen Universitas Bakrie semester genap tahun ajaran 2023-2024 melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bentuk kegiatan pelatihan.

Kegiatan PkM dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Juli 2024 di Kampus Universitas Bakrie Bakrie Tower lantai 41 ruang 28, dengan tema “Pengelolaan dan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital untuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) dan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (SAK EMKM)”.

Adapun peserta kegiatan PkM ini adalah Ibu-ibu PKK RW 02 Kelurahan Pancoran Jakarta Selatan yang memiliki usaha “cheese stick” dan aroma terapi. Ibu-ibu PKK RW 02 Kelurahan Pancoran ini merupakan mitra binaan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarata Universitas Bakrie.

Sedanglan narasumber kegiatan PKM Universitas Bakrie ini terdiri dari dua dosen yang berasal dari Program Studi Akuntansi dan Manejemen, satu alumi dari program studi manajemen, serta tiga mahasiswa dari program studi akuntansi.

Salah satu Dosen Akuntansi pada Universitas Bakrie, Dr Jurica Lucyanda, kepada sukabumiNews mengutarakan, PkM merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, di samping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian.

“Oleh karena itu, setiap perguruan tinggi tidak hanya melaksanakan pendidikan bagi mahasiswanya, tetapi juga melaksanakan riset dan mengembangkan inovasi, serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Dr Jurica melalui keterangan yang diterima, Jum’at (12/7/2024).

Read More

Melalui kegiatan ini, sambung dia, Universitas Bakrie ingin senantiasa hadir ditengah-tengah masyarakat, dan memberi kebermanfaatan bagi bangsa dan Negara.

“Kegiatan PKM ini bertujuan memberikan peningkatan pemahaman mengenai pentingnya pelaporan keuangan bagi pelaku UMKM. Selain itu meningkatkan kemampuan pelaku UMKM untuk membuat laporan keuangan baik manual maupun berbasis digital,” terang Dr Jurica.

Dikatakan Jurica, para peserta pada pelatihan ini dikenalkan aplikasi laporan keuangan digital menggunakan CrediBook untuk mempermudah dalam mengelola keuangan dan laporan keuangan usaha mereka.

Sedangkan metode kegiatan dalam bentuk pelatihan dengan sistematika pemaparan materi oleh narasumber dan diskusi.

“Peserta pelatihan dibimbing secara praktik menggunakan aplikasi CrediBook dan melakukan uji coba menggunakan aplikasi CrediBook secara langsung yang dipandu oleh Arvi. Peserta pelatihan sangat antusis mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut tampak dari munculnya banyak pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan ke narasumber,“ bebernya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sukabumiNews.id. Mari bergabung di Grup Telegram “sukabumiNews Update”, caranya klik link https://t.me/sukabuminews, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2024



https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMN3MrAww6sy4BA?

Related posts